Follow my blog with Bloglovin

Bismillah

Mei 29, 2023 Dzikir

Tulisan Arab Bismillah hirohman nirohim

“Tulisan arab bismillah hirohman nirohim”, sebuah frasa yang kerap kita dengar dan lihat, terutama bagi kita yang beragama Islam. Tapi apa sebenarnya arti dari frasa ini? Dan mengapa kita sering mengucapkannya? Artikel ini akan mengupas tuntas tentang tulisan arab bismillah hirohman nirohim.

Pengertian Bismillah hirohman nirohim

Asal Muasal dan Arti

“Bismillah hirohman nirohim” adalah sebuah frase dalam bahasa Arab yang berarti “Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.” Frasa ini adalah bagian penting dalam ajaran Islam dan sering dibaca sebelum melakukan berbagai aktivitas.

Dalam Al-Quran

Dalam Al-Quran, frase ini merupakan pembuka dari setiap Surah, kecuali Surah At-Tawbah. Penggunaan frasa ini menunjukkan penghormatan dan pengakuan terhadap kebesaran dan kasih sayang Allah SWT.

Dalam Hadis

Hadis juga menyebutkan pentingnya membaca “Bismillah hirohman nirohim” sebelum melakukan sesuatu. Misalnya, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa setiap perbuatan yang tidak dimulai dengan bismillah adalah terputus dari barakah.

Tulisan arab bismillah hirohman nirohim
<em>Tulisan arab bismillah hirohman nirohim<em>

Berikut adalah beberapa hadis yang berkaitan dengan Bismillah”

1. Dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap perkara yang tidak diawali dengan bismillah (dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang) adalah terputus (tidak berkabar).” (HR. Abu Daud)

2. Dari Umar bin Khattab, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap perkara yang tidak diawali dengan bismillah adalah terputus (tidak berkah).” (HR. Tirmidzi)

3. Dari Uqbah bin Amir, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang masuk ke dalam rumahnya kemudian mengucapkan bismillah ketika ia makan dan memberikan salam pada keluarganya, maka dia akan mendapatkan berkah yang akan mencukupi untuk keluarganya.” (HR. Tirmidzi)

4. Dari Aisyah, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memulai bacaan Al-Qur’an dan segala perkara dengan menyebut bismillah. (HR. Tirmidzi)

5. Dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap amal yang tidak diawali dengan bismillah adalah terputus (tidak mendapatkan pahala).” (HR. Ibnu Majah)

Dalam Islam, menyebut Bismillah sebelum melakukan suatu perbuatan atau memulai aktivitas dianggap penting karena mengakui bahwa segala sesuatu berasal dari Allah dan sebagai bentuk pengingat bahwa Allah harus disebut dalam setiap aspek kehidupan.Kedudukan dalam Islam

Manfaat Membaca Bismillah hirohman nirohim

Untuk Perlindungan

Membaca “Bismillah hirohman nirohim” sebelum melakukan sesuatu, ini menunjukan bahwa teranam kepasrahan kepada Allah SWT. Dengan demikian Allah sudah menjamin perlindungan bagi orang-orang yang memasrahkan dirinya hanya kepadaNya.
Para ulama sepakat bahwa membaca “Bismillah hirohman nirohim” sebelum melakukan suatu aktivitas memiliki banyak faedah dan keutamaan. Berikut beberapa pendapat ulama tentang manfaat membaca “Bismillah hirohman nirohim”.

Imam Al-Ghazali

Menurut Imam Al-Ghazali, salah seorang ulama terkenal dalam Islam, membaca “Bismillah hirohman nirohim” sebelum melakukan sesuatu dapat membantu seseorang untuk mengingat Allah, yang pada gilirannya akan membawa berkah dan perlindungan dari segala bentuk kejahatan.

Imam Ibn Hajar Al-Asqalani

Imam Ibn Hajar Al-Asqalani, seorang ahli hadis terkemuka, juga menegaskan bahwa membaca “Bismillah hirohman nirohim” sebelum melakukan sesuatu adalah praktek yang sangat dianjurkan. Ia mengatakan bahwa frasa ini dapat membantu seseorang untuk lebih fokus dan khusyuk dalam melakukan suatu aktivitas.

Imam Nawawi

Sementara itu, Imam Nawawi, seorang ulama Shafi’i yang terkenal, menulis dalam kitabnya bahwa membaca “Bismillah hirohman nirohim” sebelum makan adalah sunnah yang harus dijaga. Ia berpendapat bahwa dengan membaca “Bismillah hirohman nirohim”, kita menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah atas rezeki yang telah diberikan-Nya.

Kesimpulannya, para ulama sepakat bahwa membaca “Bismillah hirohman nirohim” sebelum melakukan suatu aktivitas memiliki banyak faedah, termasuk membantu kita untuk lebih mengingat Allah, membawa berkah dan perlindungan, serta menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah.Untuk Berkah dan Kemudahan

Selain itu, membaca frasa ini juga diyakini dapat membawa berkah dan kemudahan dalam melakukan suatu aktivitas.

Cara Mengamalkannya

Sebagai Permulaan Tindakan

Frasa “Bismillah hirohman nirohim” biasanya diucapkan sebelum memulai suatu aktivitas, sebagai bentuk memohon perlindungan dan kemudahan kepada Allah SWT.

Sebelum Makan

Dalam Islam, dianjurkan untuk membaca “Bismillah hirohman nirohim” sebelum makan sebagai bentuk syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT.

Kesimpulan

Dengan demikian, “Bismillah hirohman nirohim” adalah frasa yang memiliki makna yang mendalam dan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari bagi umat Islam. Dengan mengucapkannya, kita menunjukkan pengakuan dan kepercayaan kita kepada Allah SWT.

FAQ

Apakah wajib membaca “Bismillah hirohman nirohim” sebelum melakukan sesuatu?

Tidak wajib, tetapi sangat dianjurkan. Membaca frasa ini diyakini dapat membawa berkah dan perlindungan.

Bagaimana cara yang benar mengucapkan “Bismillah hirohman nirohim”?

Anda cukup mengucapkannya dengan jelas dan penuh kekhusyukan. Ingatlah bahwa Anda sedang memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT.

Metadeskripsi

“Tulisan arab bismillah hirohman nirohim” adalah ungkapan penting dalam Islam yang memiliki banyak manfaat. Simak lebih lanjut dalam artikel ini.

SHARE NOW