Follow my blog with Bloglovin

Tulisan Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad

Sep 03, 2023 Dzikir

Tulisan Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad

Tulisan Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad disebut Shalawat Nabi, dimana salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam dalam membacanya. Salah satu versi shalawat yang sering dibaca adalah “Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad”. Dalam tulisan Arab, ini ditulis sebagai “اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد”. Shalawat ini tidak hanya membawa keberkahan tetapi juga memiliki makna mendalam dalam memuji Nabi Muhammad SAW.

Bagaimana tulisan yg benar allahumma sholli ala sayyidina Muhammad?

Tulisan yang benar untuk doa “Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad” adalah sebagai berikut:

اللهم صلِّ على سيدنا محمد

Pengucapannya adalah “Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad.”

Dalam tulisan Arab, Anda mengucapkan “اللهم صلِّ على” (Allahumma shalli ‘ala), yang artinya “Ya Allah, berikanlah salawat atas.” Kemudian Anda menyebut nama Nabi Muhammad dengan “سيدنا محمد” (sayyidina Muhammad), yang berarti “tuanku Muhammad.”

Ini adalah doa untuk memohon berkat dan salawat atas Nabi Muhammad ﷺ, dan penulisan serta pengucapannya harus diucapkan dengan rasa hormat dan kesungguhan.

Keutamaan dan Khasiat Shalawat Nabi

Dengan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah tindakan yang penuh keberkahan. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan menurunkan rahmat kepadanya sepuluh kali lipat.”

Tulisan Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad
Tulisan Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad

Khasiat Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad

Terdapat banyak hadis dan pendapat dari ulama mengenai faedah membaca salawat (doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW). Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Hadis tentang Keutamaan Membaca Salawat:

    Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang bersolawat satu kali kepadaku, Allah akan mendoakannya sepuluh kali, menghapus sepuluh kesalahan darinya, dan meningkatkan sepuluh derajat baginya.” (Muslim)

    Imam al-Nawawi menyatakan dalam kitab “Riyadhus Shalihin” bahwa membaca salawat merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan. Ia menyebutkan bahwa membaca salawat adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon keberkahan.
  1. Membaca Salawat Sebagai Pembersih Dosa:

    Ibnu Qayyim al-Jauziyyah mengatakan bahwa membaca salawat adalah cara untuk membersihkan diri dari dosa-dosa, mengangkat derajat, dan mendapatkan ampunan Allah.
  2. Menjaga Hubungan dengan Nabi Muhammad SAW:

    Membaca salawat adalah cara untuk mempererat hubungan dengan Nabi Muhammad SAW dan mengekspresikan cinta serta penghargaan terhadap beliau.
  3. Membaca Salawat Sebagai Penyebab Kesejahteraan:

    Membaca salawat dapat membawa kesejahteraan dan keberkahan dalam kehidupan seseorang, serta menghindarkan dari berbagai kesulitan dan bencana.
  4. Membaca Salawat dalam Sholat:
    Dalam sholat, membaca salawat dalam tasyahhud akhir adalah bagian yang penting. Hal ini menunjukkan ketaatan kepada perintah Nabi Muhammad SAW dan mendatangkan berkah dalam sholat..

Dahsyatnya Amalan Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad

Membaca salawat (shalawat) Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad atas Nabi Muhammad ﷺ memiliki keutamaan dan keberkahan yang besar dalam Islam. Berikut beberapa hal mengenai dahsyatnya amalan membaca salawat:

  1. Kedekatan dengan Allah: Membaca salawat adalah bentuk ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah. Rasulullah ﷺ bersabda bahwa setiap kali seseorang membaca salawat atasnya, Allah akan mengirimkan sepuluh kali balasan kepada orang tersebut.
  2. Pengampunan Dosa: Membaca salawat dapat membantu menghapus dosa-dosa. Rasulullah ﷺ menyatakan bahwa membaca salawat akan membantu membersihkan hati dan dosa-dosa.
  3. Syafaat di Hari Kiamat: Rasulullah ﷺ bersabda bahwa orang yang banyak membaca salawat akan mendapatkan syafaat (syafaat adalah pertolongan dan permohonan) dari beliau di Hari Kiamat.
  4. Ketenangan Jiwa: Membaca salawat bisa membawa ketenangan dan kedamaian kepada jiwa. Ini adalah cara yang baik untuk menghilangkan kegelisahan dan kecemasan.
  5. Keberkahan dalam Hidup: Membaca salawat dapat membawa keberkahan dalam hidup seseorang. Banyak orang merasakan perubahan positif dalam kehidupan mereka setelah memulai amalan membaca salawat secara rutin.
  6. Pengingat Kepada Nabi: Membaca salawat adalah cara untuk mengingat dan menghormati Nabi Muhammad ﷺ. Ini adalah ekspresi cinta dan rasa hormat kepada Rasulullah.
  7. Pelindung dari Fitnah: Membaca salawat dapat menjadi pelindung dari berbagai fitnah (ujian dan cobaan) dalam hidup. Rasulullah ﷺ menyebutkan bahwa membaca salawat akan membantu menghadapi kesulitan dan ujian.

Penting untuk diingat bahwa membaca salawat haruslah dilakukan dengan niat yang tulus dan penuh penghormatan terhadap Nabi Muhammad ﷺ. Anda dapat membaca salawat kapan saja dan di mana saja, baik dalam doa-doa pribadi maupun secara rutin dalam kehidupan sehari-hari. Amalan ini tidak hanya memiliki manfaat rohaniah, tetapi juga dapat membawa perubahan positif dalam hidup Anda secara keseluruhan.

Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad 1000x

Beberapa ulama menyebutkan bahwa membaca “Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad” sebanyak 1000x dalam sehari atau seminggu bisa membawa keajaiban dalam hidup. Keutamaan dan khasiat dari amalan ini meliputi:

  1. Pembukaan pintu rezeki.
  2. Peningkatan derajat di akhirat.
  3. Pembebasan dari masalah dan kesulitan hidup.
  4. Dianugerahi kebijaksanaan dan pemahaman dalam berbagai aspek kehidupan.

Membaca shalawat ini dalam jumlah yang banyak tentu membutuhkan konsistensi dan keikhlasan. Namun, bagi mereka yang melakukannya, balasannya pasti akan lebih dari apa yang bisa dibayangkan.

Penutup

Melalui ulasan ini, kita telah membahas beberapa aspek penting terkait shalawat “Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad”. Mulai dari penulisan yang benar, keutamaan, khasiat, hingga dahsyatnya amalan ini jika dibaca secara rutin dan dalam jumlah yang banyak.

Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad wa Ala Ali Sayidina Muhammad

Marilah kita tidak lupa juga untuk selalu mengirimkan shalawat kepada keluarga Nabi Muhammad SAW dengan membaca “Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad wa Ala Ali Sayyidina Muhammad”. Ini adalah amalan yang sempurna, yang tidak hanya mendekatkan kita kepada Nabi tetapi juga kepada keluarganya yang saleh.

Kesimpulan

“Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad” adalah sebuah amalan yang memiliki banyak faedah, baik dari sisi dunia maupun akhirat. Membaca shalawat ini secara konsisten dan benar akan membawa keberkahan, ketenangan, dan juga kebijaksanaan dalam kehidupan. Dengan mengerti dan memahami lebih dalam tentang keutamaan dan khasiat dari shalawat ini, kita sebagai umat Muslim diharapkan bisa lebih konsisten dalam melaksanakannya. Selain itu, membaca shalawat ini sebanyak 1000x memberikan keutamaan dan khasiat yang luar biasa. Oleh karena itu, sebagai seorang Muslim yang beriman, memahami dan mengamalkan shalawat ini adalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan cinta dan rasa hormat kita kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.

Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah dan selalu mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Amin.

SHARE NOW