Follow my blog with Bloglovin

Mushola Nurul Hidayah

Mei 26, 2023 Jelajah

Mushola Nurul Hidayah: Menyaksikan Transformasi Menjadi Masjid Raya di Tanah Kusir

Sejarah Awal: Dari Mushola Hingga Masjid Raya

Di sudut simpang tiga antara jalan Ciputat Raya dan jalan makam DKI, terdapat sebuah masjid yang menyimpan sejarah panjang. Awalnya, tempat ibadah tersebut adalah sebuah mushola yang dikenal sebagai Mushola Nurul Hidayah. Mushola ini didirikan di atas tanah seluas ±115 m2 dan merupakan wakaf dari Bapak Harun, seorang penduduk asli yang tinggal di RT.002/014 Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Dalam proses pembangunannya, masyarakat setempat berpartisipasi secara gotong-royong.

Pada tanggal 1 Januari 1968 atau bertepatan dengan tanggal 1 Syawal 1387 H, Mushola Nurul Hidayah resmi diresmikan sebagai tempat ibadah bagi warga sekitar. Dalam kurun waktu tersebut, mushola ini menjadi tempat berlangsungnya berbagai kegiatan keagamaan dan menjadi pusat spiritual bagi masyarakat sekitar.

Transformasi Menuju Masjid Raya

Seiring berjalannya waktu, Mushola Nurul Hidayah mengalami transformasi yang mengesankan. Berkat semangat dan tekad masyarakat serta dukungan penuh dari para donatur, mushola tersebut diperluas dan direnovasi menjadi sebuah masjid yang lebih besar dan megah. Pada saat inilah, Masjid Raya Nurul Hidayah hadir sebagai wujud dari perjalanan panjang mushola sebelumnya.

Pembangunan Masjid Raya Nurul Hidayah melibatkan desain arsitektur yang modern namun tetap mempertahankan nuansa keindahan dan keagungan. Dengan luas bangunan yang jauh lebih besar daripada mushola sebelumnya, masjid ini dapat menampung lebih banyak jamaah dalam setiap kegiatan ibadahnya. Tak hanya sebagai tempat shalat, Masjid Raya Nurul Hidayah juga menjadi pusat kegiatan sosial, keagamaan, dan pendidikan untuk masyarakat sekitar.

Mushola Nurul Hidayah
Mushola Nurul Hidayah

Jadwal Pengajian Secara Online

Masjid Raya Nurul Hidayah Tanah Kusir tidak hanya memberikan layanan ibadah secara langsung, tetapi juga mengikuti perkembangan teknologi dengan menyediakan akses pengajian secara online. Hal ini memungkinkan jamaah yang tidak dapat menghadiri pengajian secara fisik untuk tetap mendapatkan manfaat dari kegiatan keagamaan yang diadakan di masjid ini.

Berikut adalah jadwal pengajian yang dapat diakses secara online:

Kajian Tafsir Quran Tematik oleh Ust. Ilhamuddin Qosim Setiap hari Jumat setelah subuh, Ustaz Ilhamuddin Qosim menyelenggarakan kajian tafsir Quran tematik. Kajian ini menggali makna dan hikmah dari ayat-ayat suci Al-Quran dengan pendekatan yang tematik. Melalui pengajaran dan penjelasan yang disampaikan, jamaah dapat memperdalam pemahaman mereka tentang ajaran Islam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kajian Tadabbur Quran oleh Ust. Arief Gunawan, M.Pd.i Setiap hari Sabtu pukul 09:30 – 11:30 WIB, Ustaz Arief Gunawan, M.Pd.i memimpin kajian tadabbur Quran. Kajian ini mengajak jamaah untuk merenungkan dan memahami dengan mendalam ayat-ayat Al-Quran serta memperoleh pelajaran dan wawasan baru dari kandungan suci kitab Allah. Melalui pendekatan ini, jamaah dapat mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pesan-pesan yang terkandung dalam Al-Quran.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal pengajian dan kegiatan lainnya, dapat menghubungi nomor kontak berikut: 085717642588.

Keberadaan Masjid Raya Nurul Hidayah sebagai Pusat Spiritual

Masjid Raya Nurul Hidayah Tanah Kusir telah menjadi tempat ibadah yang melampaui batas fisiknya. Selain sebagai tempat untuk melaksanakan shalat, masjid ini juga menjadi pusat spiritual yang menginspirasi dan membina masyarakat sekitarnya. Kegiatan keagamaan yang diselenggarakan di masjid ini meliputi kajian, ceramah, pengajian, dan kegiatan sosial yang memperkuat hubungan antarumat beragama serta membantu menjaga keharmonisan dan kerukunan sosial di lingkungan sekitar.

Keberadaan Masjid Raya Nurul Hidayah juga memberikan kontribusi dalam mengembangkan potensi individu dan masyarakat sekitar. Dalam lingkungan masjid ini, terdapat program pendidikan agama yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman agama yang lebih baik kepada masyarakat. Melalui kegiatan pendidikan tersebut, masjid ini berperan aktif dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai keagamaan yang kuat pada generasi muda.

Masjid Raya Nurul Hidayah: Pusat Kehidupan Sosial

Selain sebagai tempat ibadah dan kegiatan keagamaan, Masjid Raya Nurul Hidayah juga berperan penting sebagai pusat kehidupan sosial masyarakat sekitar. Berbagai kegiatan sosial diadakan di masjid ini dengan tujuan mempererat tali persaudaraan dan membangun solidaritas antarwarga. Beberapa kegiatan sosial yang sering diadakan di masjid ini antara lain penggalangan dana untuk kegiatan sosial, bakti sosial, dan kegiatan kemanusiaan lainnya.

Masjid Raya Nurul Hidayah juga berfungsi sebagai tempat pertemuan dan diskusi bagi masyarakat sekitar. Ruang-ruang yang tersedia di masjid ini digunakan untuk kegiatan rapat, seminar, dan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan.

Dengan demikian, Masjid Raya Nurul Hidayah Tanah Kusir telah menjadi pusat kehidupan sosial yang tidak hanya memenuhi kebutuhan spiritual masyarakat, tetapi juga berperan dalam memperkuat ikatan sosial dan memajukan kualitas hidup masyarakat sekitar.

Menggapai Kedamaian dan Keharmonisan di Mushola Nurul Hidayah

Dalam sejarahnya yang panjang, Mushola Nurul Hidayah telah bertransformasi menjadi Masjid Raya Nurul Hidayah, tempat ibadah yang tak hanya menjadi pusat spiritual, tetapi juga pusat kegiatan keagamaan, pendidikan, dan kehidupan sosial. Keberadaan masjid ini memancarkan semangat gotong-royong dan kebersamaan masyarakat dalam membangun tempat ibadah yang representatif.

Dengan pengajaran agama yang disampaikan melalui kajian dan pengajian secara online, masjid ini mampu mencapai jamaah yang lebih luas, memperkaya pemahaman keagamaan, dan membantu dalam membentuk karakter yang kuat. Selain itu, peran masjid dalam kegiatan sosial dan pengembangan potensi masyarakat sekitar membuktikan komitmen mereka dalam menciptakan kedamaian, harmoni, dan kebahagiaan bagi semua.

Masjid Raya Nurul Hidayah Tanah Kusir adalah simbol kekuatan dan persatuan masyarakat dalam membangun tempat ibadah yang tak hanya menjadi tempat shalat, tetapi juga pusat kehidupan sosial, pendidikan, dan spiritual.

SHARE NOW