Follow my blog with Bloglovin

Khat riqah bismillah

Mei 02, 2023 Kaligrafi Arab

Khat Riq’ah Bismillah: Kaligrafi Arab Sederhana

Khat riq’ah bismillah ini banyak dipakai karena lebih cepat saat menulis dan sederaha bentuk tulisannya. Dalam seni kaligrafi, khat dianggap sebagai bentuk seni tertinggi yang dipelajari dan dihargai oleh banyak orang.

Salah satu jenis khat yang unik dan berbeda adalah khat riq’ah bismillah. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu Kaligrafi bismillah tipe ini dan mengapa khat ini sangat penting dalam seni kaligrafi Arab

Apa itu Khat Riq’ah Bismillah?

Kaligrafi bismillah model ini merupakan jenis khat yang sangat khas dan populer di kalangan kaligrafi Arab. Kata “riq’ah” berasal dari bahasa Arab yang berarti “berjalan” atau “bergerak”.

Khat riq'ah bismillah

Kaligrafi bismillah gaya ini sangat dikenal karena gaya tulisannya yang sederhana, rapi, dan elegan. Khat ini umumnya digunakan untuk menulis teks yang panjang dan tidak rumit, seperti ayat Al-Quran, hadits, dan doa.

Sejarah Khat Riq’ah Bismillah

Jelajahi Juga tentang  Bismillah

Sejarahnya bisa dijelajahi kembali ke abad ke-7 Masehi, pada masa awal Islam. Pada masa itu, tulisan tangan Arab digunakan untuk menulis Al-Quran, hadits, dan karya sastra lainnya. Kaligrafi bismillah model ini muncul sebagai bentuk seni kaligrafi yang berkembang pesat pada saat itu.

Dalam seni kaligrafi, Kaligrafi bismillah model ini dianggap sebagai jenis khat yang paling awal dan mendasar. Para kaligrafer menganggap khat ini sebagai pondasi dari seni kaligrafi Arab modern. Khat riq’ah bismillah terus berkembang seiring berjalannya waktu, dan kini menjadi salah satu jenis khat yang paling populer dan dihargai di seluruh dunia.

Jelajahi Semua tentang  Khat

Ciri-ciri Khat Riq’ah

Khat bismillah memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari jenis khat Arab lainnya. Pertama-tama, gaya tulisan khat ini sangat sederhana dan mudah dibaca, dengan bentuk huruf yang lurus dan tegak. Jenis kaligrafi ini bismillah juga dikenal karena bentuk huruf yang seragam dan teratur.

Fakta Menarik Khat Riq’ah

Setelah mengetahui pengertian dan sejarah, berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang gaya tulisan ini:

  • Huruf-hurufnya terlihat lebih berat dan kuat dibandingkan dengan gaya tulisan khat Arab lainnya. Ini karena bentuknya yang lebih sederhana dan lurus ke depan.
  • Gaya tulisan ini sering digunakan untuk menulis kaligrafi pada kertas atau keramik, serta digunakan sebagai hiasan pada dekorasi interior.
  • Selain itu sering pula dianggap sebagai gaya tulisan yang lebih mudah dipelajari bagi pemula dibandingkan dengan gaya tulisan khat Arab lainnya. Oleh karena itu, banyak sekolah dan pusat pelatihan menawarkan kursus yang fokus pada pengenalan dan praktik gaya tulisan ini.
  • Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan banyak tanda baca dan penekanan pada spasi antar huruf. Hal ini memungkinkan tulisan menjadi lebih mudah dibaca dan terlihat lebih estetis.
  • 5. Meskipun khat riq’ah bismillah sering digunakan untuk menulis kaligrafi yang berhubungan dengan Islam, gaya tulisan ini juga digunakan dalam beberapa kaligrafi yang berkaitan dengan seni dan budaya Arab.

Khat riq'ah bismillah

Dengan begitu banyak fakta menarik tentang khat riq’ah bismillah, tidak heran jika gaya tulisan ini terus menjadi salah satu yang paling populer di kalangan penggemar kaligrafi dan seni kaligrafi Arab.

Jelajahi Semua tentang  Kaligrafi Arab

Contoh Keserhanaan Khat Riq’ah

Ketika melihat lebih dekat ke dalam ini, dapat dilihat bahwa salah satu keistimewaan khat ini adalah kesederhanaannya.

Penulisan Huruf Tegak

Khat riq'ah bismillah penulisan huruf tegak

Kesederhanaan ini dapat diamati pada berbagai aspek, salah satunya adalah pada penulisan huruf tegak seperti huruf alif, lam, kaf, atau huruf tho.

Tidak seperti khat-khat lain yang memerlukan beberapa gerakan tangan yang rumit untuk menulis huruf-huruf tersebut, pada ini, cukup dengan satu gerakan sederhana saja, huruf-huruf tersebut dapat ditulis dengan mudah dan cepat.

Penulisan Huruf Lengkung

Khat riq'ah bismillah penulisan huruf lengkung

Ciri khas lainnya yang membuatnya diminati adalah kesederhanaan penulisan hurufnya. Selain pada penulisan huruf tegak seperti huruf alif, lam, kaf, atau huruf tho, kesederhanaan khat ini juga terletak pada cara penulisan huruf-huruf lengkung seperti pada penulisan raa, ba, iya, za, ha, dan sebagainya.

Pada jenis khat lain, penulisan huruf-huruf lengkung ini seringkali sangat rumit dan memerlukan gerakan tangan yang kompleks. Namun, di sini, semua gerakan yang rumit tersebut dipangkas menjadi sangat sederhana, tanpa menghilangkan simbol dari huruf-huruf tersebut.

Dengan demikian, tidak hanya memudahkan penulisannya, namun juga tetap mempertahankan keindahan dan keaslian dari huruf-huruf Arab tersebut.

Penulisan Titik

Khat riq'ah bismillah penulisan titik

Selain kesederhanaan pada penulisan huruf tegak dan huruf lengkung, terdapat juga ciri khas khat Riq’ah yang membuatnya mudah dikenali dan diminati, yaitu cara penulisan titiknya yang sederhana.

Pada jenis khat lainnya, penulisan titik seringkali cukup rumit dan membingungkan karena terdapat berbagai variasi jumlah titik seperti satu titik, dua titik, atau bahkan tiga titik. Namun, pada khat Riq’ah, kerumitan penulisan titik tersebut dihilangkan dengan cara yang cukup sederhana.

Titik yang pertama tetap ditulis sebagai satu titik seperti biasanya, sedangkan titik yang kedua diganti dengan garis yang lebih panjang dan titik yang ketiga disederhanakan menjadi garis yang diteruskan dengan aksen buntut ke atas sedikit.

Dengan cara ini, titik-titik pada khat Riq’ah dapat dibedakan dengan mudah, tanpa harus memusingkan penulisnya untuk membedakan jumlah titik yang digunakan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika khat ini menjadi salah satu khat yang sangat populer dan banyak digunakan dalam seni kaligrafi. Jadi saat memulai menulis agar lebih cepat belajarlan menggunakan Khat riq’ah bismillah.

SHARE NOW