Follow my blog with Bloglovin

Cara Mudah Cek Nomor NISN Siswa secara Online

Mar 16, 2023 Pendidikan isalm

Cara Mudah Cek Nomor NISN Siswa secara Online

Cara mudah cek No MISN siswa secara online sebenarnya sangatlah mudah. Tapi sebelumnya hendaknya kita tahu apa itu NISN. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah nomor identitas resmi untuk setiap siswa di Indonesia. Nomor ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dinas Pendidikan setempat. NISN ini penting karena digunakan dalam berbagai kegiatan, seperti pendaftaran ujian nasional, penerimaan beasiswa, hingga pendataan siswa.

Untuk mendapatkan NISN, siswa harus mendaftarkan diri di sekolah masing-masing. Setelah itu, sekolah akan mendaftarkan NISN siswa ke Kemendikbud melalui aplikasi dapodik. Kemudian, Kemendikbud akan memvalidasi data dan mengeluarkan nomor NISN untuk setiap siswa yang terdaftar.

Namun, tidak jarang ada siswa yang belum memiliki NISN atau kehilangan nomor tersebut. Untuk itu, Kemendikbud telah menyediakan layanan untuk mengecek NISN secara online melalui website resmi Kemendikbud.

Langkah Langkah Untuk Mengecek NISN Secara Online

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengecek NISN secara online melalui website Kemendikbud:

Buka website https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ di browser kesayanganmu.
Masukkan Nama Lengkap dan Tanggal Lahir kamu atau temanmu.
Masukkan kode Captcha yang tertera di layar.
Klik tombol “Cari” dan tunggu hingga hasil pencarian muncul.
Jika NISN sudah ditemukan, maka nomor NISN akan terlihat jelas di layar.

Cara Mudah Cek Nomor NISN Siswa secara Online

Namun, jika kamu belum memiliki NISN, kamu bisa mendaftar di website https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ atau menghubungi pihak sekolah untuk mendapatkannya.

Selain melalui website Kemendikbud, siswa juga dapat mengecek NISN melalui aplikasi Dapodik yang disediakan oleh Kemendikbud. Aplikasi Dapodik ini digunakan oleh Dinas Pendidikan untuk melakukan pendataan siswa dan kegiatan lainnya.

Untuk mengecek NISN melalui aplikasi Dapodik, siswa harus menghubungi pihak sekolah terlebih dahulu untuk mendapatkan akses ke aplikasi tersebut. Setelah itu, siswa dapat melakukan login ke aplikasi Dapodik dan mencari nomor NISN dengan memasukkan Nama Lengkap dan Tanggal Lahir.

Namun, jika kamu masih kesulitan untuk mengecek NISN secara online, kamu bisa menghubungi pihak sekolah atau Dinas Pendidikan setempat untuk mendapatkan bantuan. Pihak sekolah atau Dinas Pendidikan biasanya dapat membantu siswa untuk mengecek NISN dan memberikan informasi lebih lanjut mengenai nomor tersebut.

Kesimpulan

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan nomor identitas resmi setiap siswa di

Indonesia. NISN sangat penting dalam berbagai kegiatan, seperti pendaftaran ujian nasional, penerimaan beasiswa, dan pendataan siswa. Untuk mendapatkan NISN, siswa harus mendaftarkan diri di sekolah masing-masing, kemudian sekolah akan mendaftarkan NISN siswa ke Kemendikbud melalui aplikasi dapodik.

Namun, tidak jarang ada siswa yang belum memiliki NISN atau kehilangan nomor tersebut. Untuk itu, Kemendikbud telah menyediakan layanan untuk mengecek NISN secara online melalui website resmi Kemendikbud. Siswa juga dapat mengecek NISN melalui aplikasi Dapodik yang disediakan oleh Kemendikbud.

Mengecek NISN secara online sangatlah mudah dan cepat. Siswa hanya perlu membuka website resmi Kemendikbud atau aplikasi Dapodik, memasukkan Nama Lengkap dan Tanggal Lahir, kemudian NISN akan muncul di layar.

Namun, jika kamu masih kesulitan untuk mengecek NISN secara online, kamu bisa menghubungi pihak sekolah atau Dinas Pendidikan setempat untuk mendapatkan bantuan. Pihak sekolah atau Dinas Pendidikan biasanya dapat membantu siswa untuk mengecek NISN dan memberikan informasi lebih lanjut mengenai nomor tersebut.

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, Kemendikbud juga telah meluncurkan program pendidikan digital atau e-learning. Program ini bertujuan untuk memberikan akses pendidikan yang lebih luas dan merata kepada seluruh siswa di Indonesia, terutama di daerah yang sulit dijangkau.

Dengan program e-learning ini, siswa dapat mengakses materi pembelajaran dari rumah menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone atau laptop. Materi pembelajaran yang tersedia di program e-learning ini meliputi pelajaran dari tingkat SD hingga SMA, sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan jenjang pendidikan yang dijalani.

Program e-learning ini sangat penting terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini. Dalam situasi ini, banyak sekolah yang melakukan pembelajaran jarak jauh untuk meminimalkan penyebaran virus COVID-19 di lingkungan sekolah. Dengan adanya program e-learning ini, siswa tetap dapat belajar dari rumah tanpa harus ke sekolah, sehingga risiko penyebaran virus dapat diminimalkan.

Namun, masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam program e-learning ini, terutama terkait dengan akses internet yang belum merata di seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, tidak semua siswa memiliki perangkat elektronik yang memadai untuk mengakses program e-learning.

Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, Kemendikbud bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk memperluas akses internet di seluruh daerah di Indonesia dan memberikan bantuan perangkat elektronik kepada siswa yang membutuhkan.

Dengan adanya program e-learning ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dan memberikan akses pendidikan yang lebih luas dan merata kepada

Seluruh siswa di Indonesia seharusnya memiliki akses yang sama terhadap pendidikan yang berkualitas. Namun, kenyataannya tidak semua siswa memiliki kesempatan yang sama dalam hal pendidikan. Oleh karena itu, Kemendikbud terus berupaya untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan di Indonesia.

Selain program e-learning, Kemendikbud juga telah meluncurkan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebagai bentuk bantuan pendidikan bagi siswa kurang mampu. Program KIP ini memberikan bantuan biaya pendidikan bagi siswa dari keluarga miskin atau kurang mampu. Dengan adanya program KIP ini, diharapkan dapat memperluas akses pendidikan dan memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh siswa di Indonesia.

Namun, masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam program KIP ini, terutama terkait dengan distribusi dan penyaluran bantuan. Tidak jarang bantuan KIP tidak tepat waktu atau bahkan tidak sampai kepada siswa yang membutuhkan. Untuk mengatasi kendala ini, Kemendikbud terus melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap program KIP.

Selain itu, Kemendikbud juga telah mengembangkan program Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIM-PK). Program ini bertujuan untuk membantu pengelolaan data dan informasi pendidikan di seluruh Indonesia. Dengan adanya SIM-PK ini, diharapkan akan lebih mudah untuk melakukan pendataan siswa dan pendidikan di Indonesia. Kita pun mudah karena tahu Cara Mudah Cek Nomor NISN Siswa secara Online

SHARE NOW