apa itu madrasah tsanawiyah

Jan 22, 2023 madrasah

Apa Itu Madrasah Tsanawiyah?

Apa itu Madrasah Tsanawiyah? Dalam dunia pendidikan madrasah tsanawiyah, siswa diajarkan untuk mengembangkan potensi dan ilmu pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi individu yang berkualitas. Selain mengajarkan mata pelajaran seperti matematika, ilmu pengetahuan alam, sosiologi, dan sebagainya, siswa juga diajarkan tentang ilmu pengetahuan agama Islam yang merupakan bagian penting dari kurikulum MTs.

Apa Itu Madrasah Tsanawiyah?

Nilai-nilai moral juga merupakan bagian penting dari pendidikan madrasah tsanawiyah. Siswa diajarkan tentang akhlak yang baik, etika, dan sopan santun sebagai bekal untuk menjadi individu yang berkontribusi positif dalam masyarakat. Selain itu, siswa juga diajarkan untuk menghormati perbedaan dan keragaman, sehingga dapat hidup dalam masyarakat yang toleran dan damai.

Apa itu Madrasah Tsanawiyah: Pendidikan Dasar di Indonesia

Madrasah Tsanawiyah (MTS) adalah salah satu bentuk lain dari pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan dasar di Indonesia. MTS merupakan lanjutan dari sekolah dasar atau Madrasah Ibtidaiyah dan ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Kurikulum MTS sama dengan kurikulum sekolah menengah pertama, namun dengan porsi yang lebih besar tentang kekhasan agama islam yang terdiri dari 3 jenis yaitu Alquran Hadits, Aqidah Akhlaq, dan Fiqih.

Murid kelas 9 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional yang memengaruhi kelulusan siswa. Lulusan MTS dapat melanjutkan pendidikan ke Madrasah Aliyah atau Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan.

Kekhasan Pendidikan Agama Islam

Kekhasan agama islam yang terdiri dari 3 jenis diatas merupakan pembeda dari sekolah dasar yang hanya mengajarkan agama sesuai keyakinan siswa. Pembelajaran agama islam di MTS diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan siswa dalam menjadi individu yang berkualitas dan berkontribusi positif dalam masyarakat. Selain itu, pembelajaran bahasa Arab juga diperkenalkan pada tingkat ini, sebagai bahasa resmi dalam agama Islam.

Apa Kurikulum Madrasah Tsanawiyah MTs

Kurikulum MTs sama dengan kurikulum sekolah menengah pertama, hanya saja pada MTs terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan agama Islam. Selain mengajarkan mata pelajaran sebagaimana sekolah dasar, juga ditambah dengan pelajaran-pelajaran seperti Alquran Hadits, Aqidah Akhlaq, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab. Pelajar madrasah tsanawiyah umumnya berusia 13-15 tahun.

Dasar Hukum Madrasah Tsanawiyah

Dasar hukum pendirian dan pengelolaan Madrasah Tsanawiyah di Indonesia adalah UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam UU tersebut, dijelaskan bahwa pendidikan formal di Indonesia terdiri dari 4 jenjang yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi, dan pendidikan non formal. Madrasah Tsanawiyah termasuk dalam jenjang pendidikan menengah yang dikelola oleh Departemen Agama.

Selain itu, dasar hukum lain yang mengatur pendidikan Madrasah Tsanawiyah di Indonesia adalah Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang memberikan petunjuk tentang kurikulum, sertifikasi, dan standar kompetensi lulusan Madrasah Tsanawiyah.

Ada juga Peraturan Menteri Agama Nomor 23 Tahun 2018 tentang Standar Kompetensi Lulusan Madrasah Tsanawiyah yang merupakan pedoman bagi penyelenggara Madrasah Tsanawiyah dalam menyusun kurikulum dan mengukur kompetensi lulusan Madrasah Tsanawiyah.

Pendidikan Agama

Madrasah Tsanawiyah (MTs) adalah jenjang pendidikan dasar di Indonesia yang dikelola oleh Departemen Agama. Dalam kurikulum MTs, pendidikan agama Islam merupakan bagian penting yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai moral dan akhlak yang baik serta membekali siswa dengan pengetahuan tentang ajaran agama Islam.

Pendidikan agama Islam di MTs tidak hanya mengajarkan tentang teori agama saja, tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Siswa diajarkan untuk menjalankan ibadah dengan baik, menghormati orang tua, serta menjaga persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Selain itu, siswa juga diajarkan tentang akhlak yang baik seperti jujur, rajin, dan tidak sombong.

Pelajaran Bahasa Arab. .

Selain pendidikan agama Islam, pembelajaran bahasa Arab juga diperkenalkan pada tingkat ini. Bahasa Arab merupakan bahasa resmi dalam agama Islam, sehingga penting bagi siswa untuk mempelajarinya. Pembelajaran bahasa Arab di MTs tidak hanya mencakup grammar dan vocabulary saja, tetapi juga mencakup pemahaman tentang kosakata dan istilah-istilah dalam agama Islam.

Pendidikan agama Islam merupakan bagian penting dari kurikulum MTs yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai moral dan akhlak yang baik serta membekali siswa dengan pengetahuan tentang ajaran agama Islam. Selain itu, pembelajaran bahasa Arab juga diperkenalkan pada tingkat ini sebagai bahasa resmi dalam agama Islam. Pendidikan agama Islam di MTs diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan siswa dalam menjadi individu yang berkualitas dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

Ujian Nasional Ujian

Apa Itu Madrasah Tsanawiyah?

Nasional merupakan tahap penting dalam pendidikan di MTs, karena hasil ujian ini akan memengaruhi kelulusan siswa. Siswa diharapkan untuk belajar dengan giat dan berkonsentrasi agar dapat lulus dengan baik dan diterima di sekolah lanjutan yang diinginkan.

Kesimpulan

Madrasah Tsanawiyah merupakan jenjang pendidikan dasar yang dikelola oleh Departemen Agama. Kurikulum MTs sama dengan kurikulum sekolah menengah pertama, namun dengan porsi yang lebih besar tentang pendidikan agama Islam. Siswa diharapkan untuk belajar dengan giat dan berkonsentrasi agar dapat lulus dengan baik dan diterima di sekolah lanjutan yang diinginkan.

Summary
Apa Itu Madrasah Tsanawiyah?
Article Name
Apa Itu Madrasah Tsanawiyah?
Description
Apa itu Madrasah Tsanawiyah? Adalah jenjang pendidikan dasar di Indonesia yang setara dengan Sekolah Menengah Pertama (MTs) Ada dibawah kementrian Agama RI
Author
Publisher Name
Jelajah Unik
Publisher Logo