Apa itu Madrasah Ibtidaiyah

Jan 25, 2023 madrasah

Pengertian Apa Itu Madrasah Ibtidaiyah : Lebih Sekadar SD

Apa itu Madrasah Ibtidaiyah?

Apa itu Madrasah Ibtidaiyah
murid Madrasah Ibtidaiyah

Apa itu Madrasah Ibtidaiyah : Madrasah Ibtidaiyah adalah jenis sekolah dasar di Indonesia yang berfokus pada pendidikan agama Islam. Jika kita menjelajahi lebih dalam sekolah ini. Selain mata pelajaran dasar seperti matematika, bahasa Indonesia, dan sains, madrasah ibtidaiyah juga mengajarkan ajaran agama Islam dan Al-Qur’an. Siswa di madrasah ibtidaiyah juga biasanya diajarkan bahasa Arab dan bahasa Inggris.


Daftar Isi


Pendidikan pada Agama Islam

Di madrasah ibtidaiyah, fokus utama adalah pada pendidikan agama Islam. Siswa diajarkan untuk mengenal Al-Qur’an dan Hadits serta mengaplikasikan ajaran-ajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa juga diajarkan tentang ajaran-ajaran Islam secara umum, seperti akhlak, adab, dan tata cara shalat.

Pelajaran Tambahan yang Ditawarkan

Selain mata pelajaran dasar, madrasah ibtidaiyah juga menawarkan pelajaran tambahan seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris. Kedua mata pelajaran tersebut dianggap penting untuk membantu siswa dalam memahami Al-Qur’an dan Hadits yang diajarkan di kelas. Selain itu, bahasa Inggris juga dianggap penting untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi dunia global saat ini.

Apa itu Madrasah Ibtidaiyah
Murid Madrasah Ibtidaiyah

Perbedaan dengan Sekolah Dasar Umum

Kalau kita bertanya Apa itu Madrasah Ibtidaiyah perbedaanya dengan sekolah umum. Perbedaan utama antara madrasah ibtidaiyah dengan sekolah dasar umum adalah fokus pada pendidikan agama. Di madrasah ibtidaiyah, siswa diajarkan tentang ajaran-ajaran Islam secara mendalam sementara di sekolah dasar umum, pendidikan agama hanya dijabarkan sebagai mata pelajaran wajib. Selain itu, madrasah ibtidaiyah juga menawarkan pelajaran tambahan seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris yang tidak dijumpai di sekolah dasar umum

Landasan Hukum Apa dari Madrasah Ibtidaiyah Itu

Landasan hukum dari madrasah ibtidaiyah di Indonesia diatur oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam UU tersebut, madrasah ibtidaiyah termasuk dalam jenis sekolah dasar yang diakui oleh pemerintah. Selain itu, madrasah ibtidaiyah juga diatur oleh peraturan perundang-undangan lain seperti Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam.

Selain itu, madrasah ibtidaiyah juga dikelola dan diawasi oleh Badan Pendidikan dan Pengembangan Madrasah (BP2M) di bawah naungan Kementerian Agama. BP2M bertanggung jawab untuk menyelenggarakan pendidikan di madrasah ibtidaiyah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Pelajari Bagaimana Prosedur Pengajuan Pendirian Madrasah Ibtidaiyah

Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia

Sebaran madrasah ibtidaiyah di Indonesia cukup merata dan tersebar di seluruh wilayah negara ini. Namun, jumlah madrasah ibtidaiyah yang ada di setiap wilayah tentunya akan berbeda-beda. Secara umum, provinsi-provinsi yang memiliki jumlah madrasah ibtidaiyah yang cukup banyak adalah provinsi-provinsi dengan jumlah penduduk muslim yang cukup besar seperti Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Namun, madrasah ibtidaiyah juga dapat ditemukan di provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Jumlah MI Di Indonesia

Sekitar tahun 2021, jumlah madrasah ibtidaiyah di Indonesia sangat banyak. Namun, jumlah yang tepat tidak dapat diidentifikasi dengan pasti karena data yang tersedia mungkin tidak selalu up to date dan terdapat perbedaan dalam definisi madrasah ibtidaiyah yang digunakan. Namun berdasarkan data dari Kementerian Agama, pada tahun 2020, jumlah madrasah ibtidaiyah di Indonesia sebanyak 42.811 yayasan dan sekolah. Jumlah ini diharapkan akan terus bertambah dari waktu ke waktu sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Madrasah Ibtidaiyah adalah sekolah dasar yang menyediakan pendidikan yang komprehensif dengan fokus utama pada pendidikan agama Islam. Dengan pelajaran tambahan seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris, siswa di madrasah ibtidaiyah diharapkan dapat memahami ajaran-ajaran Islam secara lebih mendalam dan mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia global saat ini. Namun, perlu diingat bahwa madrasah ibtidaiyah bukan satu-satunya pilihan pendidikan di Indonesia dan setiap orang dapat memilih jenis sekolah yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Setidaknya sekarang kita tahu Apa itu Madrasah Ibtidaiyah

Summary
Pengertian Apa Itu Madrasah Ibtidaiyah : Lebih Sekadar SD
Article Name
Pengertian Apa Itu Madrasah Ibtidaiyah : Lebih Sekadar SD
Description
Madrasah Ibtidaiyah adalah jenis sekolah dasar di Indonesia yang berfokus pada pendidikan agama Islam. Selain mata pelajaran dasar seperti matematika, bahasa Indonesia, dan sains, madrasah ibtidaiyah juga mengajarkan ajaran agama Islam dan Al-Qur'an. Siswa di madrasah ibtidaiyah juga biasanya diajarkan bahasa Arab dan bahasa Inggris.
Author
Publisher Name
Jelajah Unik
Publisher Logo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *