Follow my blog with Bloglovin

apa itu umroh

Feb 07, 2023 Haji dan Umroh

Apa Arti Umroh

Apa arti umroh ? “Ibadah umroh merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat penting bagi umat Islam. Banyak orang yang memahami bahwa umroh memiliki arti yang sangat dalam bagi kehidupan seorang muslim. Dalam hadits Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda: “Umrah kembali kepada Allah seperti Jihaad di jalan-Nya”. Hadits ini menunjukkan betapa besarnya makna dari ibadah umroh bagi seorang muslim. Namun, masih banyak juga yang belum menjelajahi secara detail mengenai makna dari ibadah umroh tersebut. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas secara detail tentang makna ibadah umroh bagi umat Islam.”

Pengertian Umroh

Ibadah umroh adalah salah satu bentuk ibadah sunnah yang dilakukan oleh umat Islam. Ibadah ini merupakan perjalanan spiritual ke Baitullah di Mekkah dengan melakukan beberapa tindakan tertentu, seperti tawaf (berputar-putar) di sekitar Ka’bah, sa’i (berlari-lari kecil) antara Shafa dan Marwah, dan Tahalul.

Dalil Umroh Ada beberapa dalil yang menunjukkan pentingnya ibadah umroh bagi umat Islam, salah satunya adalah hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, beliau bersabda: “Umrah kembali kepada Allah seperti Jihaad di jalan-Nya”. Hadits ini menunjukkan bahwa ibadah umroh memiliki nilai yang sama dengan Jihaad (perang untuk membela agama) dalam melakukan kebajikan.

Selain itu, dalam Al-Qur’an juga terdapat beberapa ayat yang menjelaskan tentang pentingnya ibadah umroh, seperti ayat yang berbunyi: “Dan pergilah kamu (ke Baitullah) sebagai ibadah haji, sekiranya kamu memungkinkan perjalanan ke sana”. (QS. Al-Baqarah: 196). Ayat ini menunjukkan bahwa ibadah umroh merupakan bentuk ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah.

Dari kedua dalil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ibadah umroh memiliki makna yang sangat dalam bagi kehidupan seorang muslim. Ibadah ini tidak hanya memberikan manfaat secara spiritual, melainkan juga memberikan kebaikan bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Fungsi dan tujuan ibadah umroh

Berikut adalah paparan tentang Fungsi dan Tujuan Ibadah Umroh:

Fungsi Umroh:

  1. Menjadi bentuk ibadah kepada Allah.
  2. Mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW yang melakukan ibadah Umrah.
  3. Mendapatkan pengalaman spiritual dan mendekatkan diri kepada Allah.
  4. Membersihkan jiwa dan meninggalkan dosa.
  5. Memperkuat iman dan takwa.

Tujuan Ibadah Umroh:

  1. Menunjukkan kesungguhan dan ketaatan kepada Allah.
  2. Mengingatkan akan keagungan dan kebesaran Allah.
  3. Mendapatkan pahala dan ridha Allah.
  4. Memperbaiki diri dan membentuk karakter yang lebih baik.
  5. Menjadi pengalaman hidup yang tak terlupakan dan memberikan kesan yang mendalam.

Dengan demikian, ibadah Umrah memiliki fungsi dan tujuan yang sangat penting bagi kehidupan spiritual seorang Muslim. Ibadah ini memberikan kesempatan untuk meningkatkan iman, takwa, dan menjadi lebih dekat dengan Allah.

Keutamaan melakukan ibadah umroh

Ibadah umroh memiliki keutamaan yang sangat besar dalam Islam. Beberapa keutamaannya antara lain:

  1. Menghapus dosa: Melakukan ibadah umroh dapat menghapus dosa-dosa yang dilakukan selama hidup.
  2. Mendapatkan pahala: Setiap amal ibadah yang dilakukan dengan ikhlas akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah.
  3. Meraih kebahagiaan: Ibadah umroh juga dapat membantu seseorang untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.
  4. Menjadi wujud rasa syukur: Ibadah umroh juga dapat menjadi wujud rasa syukur kita atas nikmat-nikmat yang Allah berikan.
  5. Menjadi peluang untuk beribadah secara intensif: Ibadah umroh merupakan kesempatan yang baik untuk beribadah secara intensif dan berdekatan dengan Allah.
  6. Menambah ilmu dan pengalaman: Ibadah umroh juga dapat menambah ilmu dan pengalaman serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Manfaat spiritual ibadah umroh bagi umat Islam

Ibadah umroh memiliki manfaat spiritual yang sangat besar bagi umat Islam. Beberapa manfaat spiritual ibadah umroh antara lain:

  1. Meningkatkan keimanan: Ibadah umroh dapat membantu umat Islam untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.
  2. Mengurangi ketergantungan diri hal yang bersifat materi: Ibadah umroh juga dapat membantu umat Islam untuk mengurangi ketergantungan dirinya akan hal-hal material dan memfokuskan pada ibadah.
  3. Menambah wawasan dan pengalaman: Ibadah umroh dapat memberikan pengalaman dan wawasan baru tentang Islam yang dapat memperkuat keimanan.
  4. Menjadi media untuk memperkuat hubungan dengan Allah: Ibadah umroh dapat menjadi media untuk memperkuat hubungan dengan Allah dan meningkatkan kualitas hidup umat Islam.
  5. Memberikan rasa damai dan kedamaian: Ibadah umroh dapat memberikan rasa damai dan kedamaian bagi jiwa dan pikiran umat Islam.
  6. Menjadi jalan untuk memperoleh rahmat Allah: Ibadah umroh juga dapat menjadi jalan untuk memperoleh rahmat dan karunia Allah yang sangat besar.

Konsep ibadah umroh dalam Islam

Proses Ibadah Umroh

Proses ibadah umroh meliputi beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh setiap Muslim yang ingin melakukan ibadah tersebut. Beberapa tahapan tersebut adalah:

Tahap pertama adalah niat yang dilakukan dari wilayah di luar tanah haram. dan jika kebetulan anda sudah berada di tanah haram, seyogyanya anda keluar dulu dari tanah haram. Jangan lupa disaat anda mulai masuk ke tanah haram anda pun diwajibkan dalam keadaan bepakaian ihrom.

Niat

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ بِعُمْرَةِ

Labbaika Allahumma bi ‘Umrah

Artinya: “Aku sambut panggilanMu ya Allah dengan umrah.”

Berikut adalah bacaan doa dianjurkan:

اللَّهُمَّ إِنِّي أُحَرِّمُ نَفْسِي مِنْ كُلِّ مَا حَرَّمْتَ عَلَى الْمُحْرِمِ فَارْحَمْنِي يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

“Allahumma innii uharrimu nafsii min kulli ma harramta ‘alal muhrimi farhamnii yaa arhamar raahimiin.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mengharamkan diri dari segala yang Engkau haramkan kepada orang yang berihram. Oleh karena itu, rahmatilah aku, wahai Dzat yang Maha Pengasih.”

Thawaf

Tahap kedua dalam ibadah umroh adalah melakukan thawaf, yaitu bergerak seiring memutar Ka’bah sebanyak 7 kali.

بِسْمِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ إيمَانًا بِكَ وَتَصْدِيقًا بِكِتَابِك وَوَفَاءً بِعَهْدِك وَاتِّبَاعًا لِسُنَّةِ نَبِيِّك مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Bismillāhi wallāhu akbar. Allāhumma īmānan bika, wa tashdīqan bi kitābika, wa wafā’an bi ‘ahdika, wattibā‘an li sunnati nabiyyika Muhammadin shallallāhu ‘alayhi wa sallama.

Artinya, “Dengan nama Allah, Allah maha besar. Ya Allah, (aku bertawaf) karena keimanan kepada-Mu, kepercayaan terhadap kitab suci-Mu, pemenuhan terhadap janji-Mu, dan kepatuhan terhadap sunnah nabi-Mu Muhammad saw,”

Tahap ke tiga Sa’i

Sa’i adalah bagian dari ibadah umrah yang yaitu lari-lari kecil antara Shafa dan Marwah. Hal ini dilakukan sebanyak 7 kali dan sebaiknya dilakukan dengan husuk tetapi tidak harus berlari sangat cepat sehingga membahayakan diri. Sa’i dilakukan untuk mengingatkan pada perjuangan dan kesabaran Nabi Ibrahim dan istrinya, Siti Hajar, dalam mencari air untuk bayinya Ismail. Ini merupakan bagian penting dari ibadah umrah dan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa syukur.


اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، كَبِيرًا وَالحَمْدُ لَِّلهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Allaahu akbar, allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar, kabiiran walhamdulillaahi katsiiran wa subhanallaahi bukratan wa ashiilaa

Artinya:  “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Maka besar Allah segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah baik saat pagi maupun petang.”

Tahalul

Tahallul adalah salah satu rukun dalam ibadah umroh, yaitu mencukur sebahagian dari rambut kepala setelah melaksanakan sa’i dan ihram selesai. Tahallul merupakan tanda bahwa ibadah umrah telah selesai dan seseorang boleh memakai pakaian biasa dan melakukan kegiatan seperti biasanya.

Hikmah ibadah umroh

Benar, memiliki keinginan untuk melakukan ibadah umroh merupakan tanda keimanan yang kuat dan memperdalam iman. Ibadah umroh sendiri memang dapat membantu meningkatkan keimanan dan memperkuat kedekatan dengan Tuhan. Namun, jangan lupa bahwa keimanan juga bisa ditingkatkan melalui berbagai aktivitas ibadah dan amal saleh lainnya seperti shalat, puasa, dan membaca Al-Qur’an.

Melakukan ibadah umroh memang memberikan kesempatan untuk beribadah di tanah suci, seperti Masjidil Haram di Mekah, dan di tanah suci lainnya. Dalam hadits, dikatakan bahwa satu kali beribadah di tanah suci sama dengan seratus ribu kali beribadah di tempat lain. Hal ini menunjukkan betapa besar nilai dan keutamaan dari beribadah di tanah suci bagi umat Muslim. Oleh karena itu, ibadah umroh sangat dianjurkan dan dihormati dalam Islam.

Harapan dan doa setelah melakukan ibadah umroh

Setelah melakukan ibadah umroh, umat Muslim memiliki harapan dan doa tertentu untuk memohon kepada Allah agar pahala ibadah tersebut diterima dan hasilnya dapat dirasakan selama hidup. Berikut beberapa harapan dan doa yang umum dilakukan setelah melakukan ibadah umroh:

  1. Memohon kepada Allah agar pahala ibadah umroh diterima dan dapat memberikan manfaat dunia dan akhirat.
  2. Meminta kepada Allah agar mengampuni dosa-dosa yang pernah dilakukan selama hidup.
  3. Memohon kepada Allah agar selalu memberikan kekuatan dan taufik untuk melakukan amal saleh dan taat pada-Nya.
  4. Meminta kepada Allah agar memperpanjang umur, memperbanyak harta, dan mempermudah rezeki.
  5. Memohon kepada Allah agar mempermudah segala hal yang berkaitan dengan ibadah dan memperkuat iman dan takwa.

Semoga Allah memperkenankan doa-doa tersebut dan memberikan keberkahan bagi hidup kita. Amin. Alhamdulillah kita tahu apa arti umroh

SHARE NOW